Minggu, 11 April 2010

Teknik Memberikan Komentar (Commenterary Techniques)

Dalam pemanduan kemampuan berbicara itu diarahkan untuk penguasaan memberikan komentar terhadap segala sesuatu yang menarik wisatawan selama mengadakan perjalanan.
Komentar yang baik dalam pemanduan harus mampu :
 Memberikan rangsangan untuk meningkatkan perhatian
 Memperjelas objek yang dibicarakan
 Berkelanjutan tidak merupakan pembicaraan yang terpenggal-penggal
Sebuah komentar dalam pemanduan merupakan :
 Suatu ide yang jelas dan menyatu
 Analisis dengan memakai metoda yang disusun secara logic
 Suatu ekspresi ide yang sederhana, jelas dan intensif
 Pembicaraan merupakan:
• Dialog dua arah yang convergen
• Tidak ada monopoli
• Diucapkan dengan penuih variasi (intonasi, irama, nada, kata-kata, alat bantu atau pertanyaan)

Sistematika komentar hendaknya terdiri dari tahapan pembicara sebagai berikut :
 Dimulai dengan "intro"
 Baru masuk kepda subyek yang menjadl "point of interest"
• Apa spesialisasinya
• Berikan aksentualisasinya
• Carikan bahan perbandingan/komparatifnya
 Penjelasan/penekanan dengan pengulangan
 Penutup termasuk kesimpulan/harapan
Strategi presentasi komentar perlu direncanakan terlebih dahulu, agar komentar yang diberikan mengenai sasaran yang dikehendaki. Langkah-langkah berikut ini perlu diperhatikan dalam peraturan strategi presentasi komentar :
 Penguasaan yang baik mengenal subjek yang akan dikomentari
 Pengaturan/penjatahan waktu yang diperlukan untuk komentar
 Merangkaikan komentar dalamsuatu kesatuan presentasi dalam sequence yang baik
 Presentasi dapat direncanakan secara
• Presentasi tabel
• Presentasi grafik
• Presentasi gabungan tabel dengan geografi
Perlu diperhatikan bahwa selama mengadakan perjalanan wisata pembicaraan pramuwisata itu tidak semuanya bersifat komentar, ada juga pembicaraan yang non - komentar tetapi semuanya tentu tetap berada dalam kaidah cara berbicara yang baik.
Beberapa hambatan yang mempengaruhi kegagalan komentar sebagai komunikasi pramuwisata dengan wisatawan :
 Mempergunakan simbol yang tidak/kurang komunikatif
 Bertingkah laku yang salah/tidak wajar
 Kekurangan waktu pemahaman
 Gangguan lingkungan
 Latar belakang yang berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar